Lakpesdam PCNU Kabupaten Karangasem bekerja sama dengan Kemendesa RI Gelar Sekolah Lapang

Karangasem-InewsBaliNusa.Com-Lakpesdam PCNU Kabupaten Karangasem bekerja sama dengan Kemendesa RI melalui Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) Wilayah Tengah di Kabupaten Karangasem mengadakan sekolah lapang di 5 desa lokus baru. Sekolah lapang bertajuk pelatihan jurnalistik dalam upaya meningkatkan akuntabilitas desa. Pelatihan digelar selama 5 hari sejak tanggal 6 hingga 9 September dan 14 September 2024. Lima desa yang disasar diantaranya Desa Kesimpar, Nawakerti, Pesedahan, Ngis dan Tianyar Tengah. 

Ketua PCNU Kabupaten Karangasem, H. Syuaib menuturkan kegiatan ini diisi dengan pemberian materi tentang akuntabilitaa desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karangasem serta pelatihan jurnalistik dari Kontributor Karangasem MNC Media Grup. "Pelatihan jurnalistik ini merupakan permintaan dari warga. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam proses pembangunan desa dengan transparanasi proses pembanguanan yang akuntabel, " ujarnyam 

Lebih lanjut, ia menuturkan pelatihan ini digelar untuk melatih kemampuan jurnalistik masyarakat dalam menuangkan dan membuat berita yang baik dan benar. Dengan upaya ini diharapkan masyarakat desa tak mudah terhasut berita hoax. "Juga kami berharap dapat mendorong Kelompok sekolah lapang menulis kritis terhadap perencanaan pembangunan di Desa, " imbuh Haji Syuaib. 

Kegiatan dimasing-masing desa diikuti oleh  55 orang. Dalam penyelenggaraan ya juga dipertimbangkan  keterwakilan 30% perempuan dan kaum marginal. "Nantinya program kami membantu masyarakat desa alam terus berlanjut. Mungkin nanti pelatihannya tidak hanya jurnalistik, namun seusai dengan permintaan desa, ilmu apa yang dibutuhkan masyarakat desa, " pungkasnya. (Yun) 

Kegiatan sekolah lapang di 5 Desa di Karangasem. Peserta diberikan pelatihan jurnalistik dan akuntabilitas desa. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

World News

نموذج الاتصال